Jangan lewatkan

16 June 2016

Apartemen, Investasi Cerdas dan Menguntungkan


Produk properti apa yang memberikan keuntungan berganda? Selain capital gain yang menggiurkan, bagi investor, nilai sewa (recurring income) juga menjadi salah satu alasan membeli properti. Untuk pilihan ini tentunya kita harus melihat potensi produk properti apa yang memiliki demand tinggi.


Dari sisi investasi, properti high-rise residensial memiliki nilai tinggi hingga patut dipertimbangkan menjadi pilihan. Banyak pengamat memprediksi kenaikan nilai investasi apartemen setiap tahunnya menyentuh angka hingga 25% pertahun. Apalagi apartemen yang kita miliki berada di kawasan bisnis atau berdekatan dengan universitas. Tingkat okupansi (hunian) apartemen di lokasi-lokasi tersebut sangat tinggi, otomatis nilai sewa juga sangat menjanjikan.

Semakin terbatasnya lahan, meningkatnya volume kendaraan dan penduduk yang semakin padat di kawasan Jabodetabek juga menjadi salah satu alasan mengapa apartemen diburu berbagai kalangan. Tingginya permintaan apartemen tentu menjadi peluang meraup untung yang berlipat. Namun banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kita mengambil keputusan membeli apartemen.

Tinggal di apartemen kini telah menjadi gaya hidup, semua kebutuhan telah tersedia disini. Sebagian besar hunian vertikal yang dibangun telah dilengkapi berbagai sarana yang menunjang kebutuhan harian penghuninya, seperti area perkantoran dan pusat perbelanjaan. Fasilitas-fasilitas pendukung yang tersedia juga menjadi daya tarik tersendiri  untuk tinggal di apartemen.

Faktor lain tak kalah penting dalam memilih apartemen adalah lokasi. Berdasarkan lokasi, investor bisa menilai, kondisi pasar sewa apartemen, apakah bagus atau sebaliknya. Lokasi yang pas investasi apartemen adalah pusat perdagangan dan dekat kampus. Di Jakarta, investasi apartemen yang berprospek cerah ada di sekitar Bintaro, Thamrin, Sudirman, Kuningan, Kasablanka, Dr Satrio, Plaza Semanggi, dan Plaza Senayan. Nilai tambah lainnya, di kawasan ini dekat pusat perbelanjaan dan tempat-tempat hiburan.

Cermat Memilih Hunian Vertikal

Banyak cara untuk mendapat informasi terkini tentang apartemen yang prospektif untuk tempat tinggal sekaligus investasi. Kita bisa mulai berburu dengan mesin pencari di internet, kemudian mulai menelusuri laman-laman situs pengembang apartemen tersebut. Dari sana Anda bisa melihat dan menilai pengembang dan portofolionya, lokasi proyeknya, progress pembangunan, fasilitas yang tersedia, hingga sistem pembayaran yang sesuai dengan keinginan.

Jika kita telah mengumpulkan semua informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah meninjau langsung lokasi sekaligus mendatangi marketing gallery pengembang tersebut. Barulah informasi lengkap dapat Anda peroleh, seperti  informasi tentang perijinan dan target serah terima unit apartemen tersebut.

Mengunjungi pameran-pameran properti juga menjadi salah satu cara berburu apartemen. Tinggal Anda menyesuaikan apartemen pilihan sesuai budjet yang diinginkan. Banyak pilihan yang tersaji disana, Anda tinggal memilih yang sesuai kebutuhan, aksesibilitas dan kedekatan dengan aktivitas harian perlu menjadi pertimbangan.

Yang membuat investasi apartemen menarik adalah rental income (penghasilan yang didapatkan melalui uang sewa). Bila Anda tidak berniat menempati apartemen itu, Anda dapat menyewakannya, baik dalam kondisi kosong (unfurnished) ataupun terisi lengkap (furnished). Uang sewa biasanya Anda terima secara tahunan (terkadang sekaligus 2 tahun atau 3 tahun) dan diterima di muka. Apartemen yang baik (lokasi, kualitas bangunan dan penyediaan fasilitas) dapat memberikan rental income di kisaran 7%-9% per tahun.

Permintaan yang tinggi terutama di kawasan yang relatif cukup berpengaruh untuk menunjang segala aktivitas penghuninya kelak, seperti kawasan perkantoran maupun pusat perbelanjaan. Jangka waktu sewa apartemen berkisar antara 2-3 tahun. Kemungkinan yang akan terjadi dalam waktu 2 tahun tersebut penyewa sudah merasa nyaman sehingga peluang untuk memperpanjang kontrak apartemen kemungkinan bisa saja terjadi.

Namun jangan terburu nafsu langsung membeli apartemen untuk berinvestasi, ada banyak poin yang perlu dicatat sebelum Anda membeli agar investasi ini benar-benar menguntungkan. Jika Anda menemukan apartemen yang menarik minat, Anda harus cermat menanyakan detail produk dan fasilitas hunian vertikal itu pada sales force mereka.

Hal-hal berikut ini penting untuk Anda cermati.

1.        Lokasi
Kembali lagi kepada masalah lokasi, jika bicara tentang investasi di bidang properti maka lokasi akan menjadi faktor penting dari peningkatan nilai investasi Anda. Untuk itu kenali lokasi-lokasi dari apartemen yang ditawarkan, lakukanlah survei lapangan apakah lokasi apartemen itu sendiri atau wilayah sekitarnya rawan banjir atau bencana lainnya.

Berkaitan dengan lokasi juga berhubungan dengan akses menuju tempat itu. Apakah tempat itu mudah dicapai, adakah kendaraan umum yang melewati bangunan tersebut, dan juga bagaimana kondisi jalan menuju kesana. Anda juga perlu melihat kondisi lingkungannya, apakah lokasinya tenang atau tepat disamping jalan tol, jalan raya atau jalur kereta yang bising; kebanyakan orang ingin tempat tinggal yang tenang, dengan akses kendaraan umum yang mudah dan juga adanya penunjang lainnya seperti adanya toko, supermarket atau restoran di dekat apartemen tersebut.

2.    Gaya arsitektural
Jika bicara beli produk, biasanya awal yang kita lihat adalah kemasannya. Di abad 21 ini, kemasan dari properti adalah gaya arsitekturalnya, walau sebenarnya hal itu saat ini banyak yang berupa polesan saja. Namun dengan membeli apartement dengan gaya arsitektural yang menarik, hal itu akan memberi nilai tambah pada investasi Anda.

2.        Fasilitas
Saat ini banyak apartemen menawarkan bermacam-macam fasilitas sebagai bonus opsional baik bagi pembeli ataupun penyewanya. Perhatikan seperti fasilitas untuk parkir, lift, keamanan, dan juga fasilitas olahraga seperti gym, kolam renang. Fasilitas ini nantinya akan menjadi nilai tambah saat ada yang menyewa apartemen tersebut.

3.    View
Tahukah Anda bahwa apartemen dengan pemandangan yang bagus sekalipun berukuran studio bisa memiliki harga jual yang lebih bagus daripada apartemen yang berukuran lebih besar namun pemandangannya terhalang oleh tembok dari bangunan lain? Selain pemandangan dari jendela atau balkon, Anda juga harus pastikan pencahayaan dari sinar matahari yang masuk. Pemandangan ke arah danau atau pantai ataupun kearah perbukitan akan menjadi nilai plus tersendiri.

4.    Layout
Kadang kita berpikir apartemen tipe studio akan sangat kotak dan tidak menarik, tetapi jika layout-nya atau tata letaknya tepat maka ruangan tersebut dapat sangat nyaman dan terlihat indah. Jika Anda membeli apartemen dalam keadaan kosong mungkin akan sangat fleksibel dalam mengatur layout ruangan. Namun jika sudah all-in, maka perhatikan tata letaknya dan apakah jika melakukan renovasi akan membutuhkan biaya besar atau tidak.

5.    Dikelola oleh manajemen yang berpengalaman
Cari tahu dan cermati pihak pengelola apartemennya, apakah memiliki reputasi terbaik. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat jaringan yang dibangun oleh pihak tersebut. Pilih pengelola yang mempunyai jaringan internasional karena biasanya mereka mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi.

6.    Pilihlah minimal 2 kamar tidur
Ketika ekspatriat berencana untuk tinggal menetap di apartemen, kebanyakan dari mereka akan menggunakan minimal dua kamar tidur. Karena mereka biasanya akan membawa keluarga ataupun relasi. Jadi jika Anda dapat menyediakan dua kamar tidur ini, nilai apartemen Anda akan lebih tinggi untuk diinvestasikan daripada apartemen dengan satu.






Copy dari : https://indonesiana.tempo.co/read/13492/2014/04/14/erwin.jahja/apartemen-investasi-cerdas-dan-menguntungkan










Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory