Jangan lewatkan

30 September 2016

Syarat Agar Pekerja Bisa Beli Rumah Pakai BPJS Ketenagakerjaan

JAKARTA – PT PP Tbk dan BPJS Ketenagakerjaan akan membangun 100 ribu unit hunian bagi pekerja masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Para pekerja pun kini bisa bernafas lega karena bisa mendapatkan bantuan untuk membeli rumah dari BPJS. Namun ada syaratnya, yakni peserta harus lancer membayar iuran BPJS alias tidak ada tunggakan iuran tiap bulannya.
"Itu nanti akan kami seleksi lagi pekerja yang rutin membayar. Seharusnya dapat, karena mereka kan tiap bulan dipotong gajinya," ujar Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto.


PT PP Tbk (PTPP) dan BPJS Ketenagakerjaan (investor utama) akan membangun 100 ribu unit hunian bagi pekerja MBR (masyarakat berpenghasilan rendah). BPJS menargetkan sekitar belasan juta pekerja akan memiliki rumah.
Namun, ya ada syaratnya. Syarat utamanya yakni lancar membayar iuran BPJS. Bagaimana kalau perusahaan tempat bekerja menunggak pembayaran?

"Itu nanti akan kami seleksi lagi pekerja yang rutin membayar. Seharusnya dapat, karena mereka kan tiap bulan dipotong gajinya," ujar Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto.
Dia menegaskan, perusahaan yang menunggak pembayaran seharusnya dikenakan sanksi. Apalagi menghambat syarat pekerja untuk memiliki rumah.

"Harusnya dipidanakan kalau ada perusahaan yang menunggak. Karyawan akhirnya jadi korban, karena terus dipotong gajinya tiap bulan," ucap Maryono.
BPJS selain memiliki program Jaminan Hari Tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun. Sedangkan fasilitas perumahan adalah program tambahan.

Ada empat jenis layanan tambahan program perumahan, yakni Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Konstruksi (KK), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP).
Sasaran manfaat tertuju pada dua segmen, yakni segmen rumah pekerja dengan penghasilan Rp5,7 juta hingga Rp10 juta. Sedangkan segmen Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan gaji kurang dari Rp5,7 juta.

Aturan pembelian rumah bagi pekerja ini dilakukan secara terpisah dengan program JHT. Sesuai dengan ketentuan Permenaker.
"Kami sudah bicarakan regulasi ini kepada Pak Menteri, dan sebentar lagi akan diteken," kata Maryono.

 Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/09/16/470/1490846/beli-rumah-dibantu-bpjs-pekerja-tak-boleh-menunggak-iuran



Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory