Jangan lewatkan

27 September 2016

Tata Kota Yang Kurang Baik membuat Depok Banjir



Koordinator Taruna Tanggap Bencana Kota Depok Abdillah menyebut banjir yang kerap melanda Depok disebabkan karena tata kota yang direncanakan kurang matang. Sehingga, menyebabkan setiap tahunnya jumlah titik banjir selalu dibertambah. “Kini sudah lebih dari 50 titik banjir,” ujar Abdillah, Senin, (26/9/2016) kemarin.

griya perumahan - rumah dijual, rumah di depok
Red - Kondisi banjir di depok
Abdillah menyebutkan sebagian titik banjir di Depok berasal dari kawasan komplek perumahan. Sistem drainase di perumahan sering ditemukan dalam tidak baik. “Masalahnya komplek, tapi yang paling berdampak karena tata kota yang tidak tertata dengan baik,” ujarnya. “Kesadaran masyarakat juga masih rendah.”

Menurutnya, banyak perumahan yang dibangun di kawasan resapan di dataran yang lebih rendah yang kerap menjadi langganan banjir. Contoh perumahan yang menjadi langganan banjir yakni di Perumahan Bukit Cengkeh Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis dan Pondok Duta di Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

Di perumahan tersebut, banjir bisa mencapai dua meter setiap hujan deras dengan durasi lebih dari satu jam. Tak hanya itu, titik yang cukup parah dilanda banjir juga berada di Kampung Utan Kelurahan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, yang berbatasan dengan Perumahan Permata Depok.

“Banyak titik banjir karena dibangun perumahan yang tidak diperhatikan daerah resapan airnya dan peruntukannya,” ucapnya. “Pengembang asal cari lahan murah dan investasi membuat perumahan.”

Lebih lanjut ia menuturkan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial, yang menaungi Tagana, untuk mengantisipasi adanya siklus banjir lima tahunan. Adapun, peralatan tanggap bencana yang telah disediakan yakni 3 perahu karet, 2 genset, 2 set dapur umum, 6 tenda pengungsi, 4 tenda regu, 3 tenda family, dan 4 tenda payung 4.

“Fokusnya di kawasan perumahan. Sebab, hampir semua titik banjir yang parah adalah kawasan perumahan. Kami sudah berkoordinasi untuk menghadapi banjir lima tahunan di 2017,” ujarnya.

Ia menambahkan sejauh ini penanggulangan bencana di Depok, terkendala koordinasi antar instansi. Soalnya, penanggulangan bencana tidak dikoordinasikan satu badan yang membawahi semua instansi.

Sumber depok news

Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory