Jangan lewatkan

1 October 2016

Ratusan Rumah Tak Layak Huni Direhab

BANTUL – Sebanyak 680 rumah tak layak huni di Kabupaten Bantul menjadi sasaran rehab rumah dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PU-PERA) 2016.

Dalam program itu, warga yang rumahnya menjadi sasaran rehab akan mendapatkan bantuan dalam bentuk material dengan nilai sesuai tingkat kerusakan. Koordinator Fasilitator BSPS Kabupaten Bantul Wratsongko Sri Kawuryan menyampaikan, bantuan rehab rumah itu dilakukan dua tahap, pertama dengan sasaran 455 rumah yang tersebar di Desa Triwidadi, Argomulyo, Argorejo, dan Argodadi.


Kemudian, sisanya 225 rumah yang tersebar di Sendangsari, Argosari, Argorejo dan Argodadi. “Mereka yang menerima merupakan usulan dari Kabupaten kemudian dilakukan verifikasi,” katanya dalam sosialisasi dan penetapan calon penerima bantuan BSPS di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kemarin.

Diterangkan, besaran bantuan yang diterima warga ditentukan sesuai tingkat kerusakan. Masing-masing, kerusakan berat sebesar Rp15 juta, kerusakan sedang Rp10 juta dan kerusakan ringan Rp7,5 juta. Mekanisme penerima bantuan warga buka rekening untuk mendapatkan transfer uang untuk pembayaran material sesuai yang dibutuhkan untuk rehab.

“Jadi bantuan itu dalam bentuk material semua, untuk biaya tukang dan operasional tetap ditanggung sendiri,” katanya. Sebagaimana diketahui, untuk melakukan rehab rumah, sekitar 70% lebih banyak untuk biaya tukang dan operasional. Dengan begitu, warga penerima bantuan pun tetap harus memiliki cadangan dana simpanan untuk bisa rehab.

Karena bantuan yang diterima semua dalam bentuk material, diakui ada pula warga penerima bantuan yang memilih mundur. “Pada tahap pertama di Bulan Juli lalu, ada tiga warga penerima bantuan yang pilih mundur,” ucapnya. Warga yang rumahnya mendapatkan sasaran bantuan pun diminta mencatat bahan bangunan yang dibutuhkan. Dalam sosialisasi itu, disampaikan bilamana material yang dikirim tidak sesuai warga memilihi hak untuk menolak.

Sementara itu, Ngadimin warga calon penerima bantuan berharap dengan bantuan rehab rumah itu, rumahnya dapat lebih baik. “Kami juga harus sedia biaya untuk bangun, karena dapatnya material,” ucapnya.

muji barnugroho.
Sumber : http://www.koran-sindo.com/news.php?r=6&n=25&date=2016-09-30

Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory