Jangan lewatkan

1 October 2016

Simak ini jika ingin buka usaha kecil-kecilan di rumah



RumahDijual - Saat ini, kesempatan untuk memulai bisnis kecil-kecilan di rumah cukup terbuka. Mulai dari kuliner sampai butik pakaian bisa dididirikan di rumah.

Salah satu bisnis rumahan yang populer adalah tempat makan dan butik kecil-kecilan. Ada pula yang menjual pulsa, kartu, aksesoris telepon seluler, atau bahkan telepon seluler itu sendiri.

Mendirikan bisnis kecil-kecilan di rumah memiliki banyak keuntungan. Anda tak perlu menyewa ruko atau kios. Anda juga tak perlu repot-repot mendirikan dan menutup tenda seperti jika Anda membuka warung kaki lima.

Pun demikian, ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan sebelum mendirikan bisnis di rumah. Eko Endarto, RFA, perencana keuangan dari Finansia Consulting, memaparkannya untuk Anda.

Mempertimbangkan lingkungan sekitar rumah
Lingkungan sekitar berkaitan dengan perizinan usaha. “Paling tidak, pilih usaha yang tidak butuh tempat besar dan tidak mengganggu sekitar. Ingat, Anda di perumahan, bukan industri,” katanya.

Eko juga menyarankan agar usaha tersebut bisa dijalankan sebagian besar orang di rumah. Dengan demikian, Anda bisa mudah mengawasinya.

Menentukan jenis usaha
Setelah memastikan izin usaha di lingkungan, saatnya menentukan jenis usaha. Anda bisa mendirikan cafe, kedai, salon, studio foto, dan lain-lain.


“Apapun itu, pastikan bahwa jalannya usaha Anda tidak mengganggu masyarakat sekitar,” katanya.

Jika masyarakat lingkungan sekitar mayoritas beragama Islam, usahakan untuk tidak menjual makanan yang haram untuk umat Islam. Jangan pula menyediakan layanan jasa yang berkaitan dengan tindak asusila ataupun SARA.

Siapkan persyaratan yang diperlukan
Setelah mantap dengan jenis usaha, saatnya melengkapi persyaratannya. “Biasanya adalah NPWP, Akta Pendirian Usaha, struktur karyawan, dan sebagainya,” ujarnya.

Jangan lupa pula menyertakan surat izin dari pihak setempat seperti RT/RW, tokoh masyarakat, hingga bila perlu pihak kepolisian.

Jangan sampai salah juga mengurus perizinan karena izin usaha banyak macamnya.

Jangan lupa kantongi izin menggunakan air tanah jika memang perlu menggunakan air tanah. Jika pengelola lingkungan sekitar tidak mengizinkan, maka Anda harus menggunakan air PAM.

Menjalin hubungan dengan warga sekitar
Terakhir, dan yang paling penting adalah menjalin hubungan dengan warga sekitar. Jangan sampai usaha Anda mendapat penolakan atau dianggap mengganggu warga sekitar.

Karena itu, lakukan sosialisasi, bersilaturahmi dengan penghuni sekitar agar usaha Anda bisa diterima dengan baik.

Info lengkap: http://rumahdijual.com/site-news-feedback/1626465-mau-buka-usaha-di-rumah-simak-ini.html

Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory