Jangan lewatkan

1 March 2017

Dilema Konstruksi Beton Atau Baja



Antara Baja dan Beton Mana yang Lebih Unggul? Baja dan beton merupakan jenis material yang banyak digunakan untuk bangunan. Perusahaan-perusahaan besar juga menggunakan kedua bahan yang kuat ini untuk proyek bangunannya. Tetapi, pertanyaan pentingnya adalah antara baja dan beton mana yang lebih unggul? Untuk mengetahui jawabannya, berikut perbandingan antara baja dan beton itu sendiri.

1. Kekuatan

Bila baja dan beton dibandingkan dari sisi kekuatan, maka bajalah yang menjadi pemenangnya. Hal ini didapat dari melihat kekuatan terhadap daya tekan yang didapat kedua material ini. Untuk beton, kekuatan maksimal dalam hal ini adalah sekitar 100 Mpa. Sedangkan material baja jauh lebih unggul. Dapat kita ambil contoh untuk baja jenis BJ37, dengan fy sekitar 240 Mpa dan fu sekitar 370 Mpa. Melihat dari data ini saja, dapat dikatakan baja ini 3 kali lebih kuat dari beton.

2. Fleksibilitas

Mungkin Anda berpikir bila beton mudah dibentuk daripada baja. Memang, hal tersebut benar adanya. Akan tetapi, kemudahan pembentukan ini juga dipengaruhi oleh struktur bentuk yang diinginkan dalam bangunan. Bila desain struktur yang digunakan cukup rumit, beton juga membutuhkan bekisting yang rumit pula, dan hal ini tidak mudah untuk dilakukan.

3. Harga

Beton memang mempunyai harga lebih murah daripada baja. Tetapi hal ini hanya berlaku pada segi pengadaan bahan. Sedangkan, biaya yang dibutuhkan untuk membangun dengan menggunakan beton jauh lebih mahal daripada baja. Dibutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dan hal ini tentunya akan memakan banyak biaya. Hal ini terjadi khususnya bila jenis bangunan dan desain strukturnya cukup rumit. Baja, di lain sisi, memiliki kemudahan dalam penggunaan, artinya waktu yang dibutuhkan untuk membangun akan lebih cepat. Hal ini akan menghemat lebih banyak biaya daripada beton. Anda dapat melihat buktinya pada banyak bangunan, misalnya gedung maupun jembatan. Banyak perusahaan konstruksi, yang lebih memilih menggunakan baja. Jadi, bila ditotal, harga baja jauh lebih murah dari beton.

4. Berat Bahan

Berbicara mengenai berat kedua bahan ini, Anda dapat mengingat saat Anda belajar dahulu. Anda pasti pernah mendapatkan pertanyaan, antara 1 kg kapas dan 1 kg besi, manakah yang lebih berat? Sejatinya kedua benda tersebut mempunyai berat yang sama, yaitu 1 kg. Hanya saja, volume kapas jauh lebih banyak daripada besi. Hal ini dikarenakan berat jenis kapas jauh lebih kecil dari besi. Dan, bila melihat dari sisi berat jenis, maka berat jenis beton yang hanya 2.400 kg/m3 dan baja yaitu 7.850 kg/m3, tentu membuat baja terkesan lebih berat dari beton. Jadi, untuk masalah berat, kita menggunakan definisi yang mana?


Source : https://nikifour.co.id/antara-baja-dan-beton-mana-yang-lebih-unggul/

Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory