Jangan lewatkan

Berdzikir dalam hati

Allah telah mengingatkan kita didalam surat Al A’Raaf ayat 205  agar kita  berdzikir menyebut namaNya dengan merendahkan diri dan tidak mengeraskan suara diwaktu pagi dan petang hari . 

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Al A’Raaf 205)

Berdzikir didalam hati sebenarnya bisa kita lakukan setiap saat dimanapun kita berada , tanpa mengganggu aktivitas kita sehari hari. Kita bisa melakukannya ketika sedang berjalan, berlari, berdiri ,  duduk , berbaring sebagaimana diingatkan Allah dalam surat An Nisa ayat 103 

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring….(An Nisa’103)

Kita juga bisa melakukannya ketika sedang bekerja, mengendarai mobil, berolah raga, rapat, berniaga , menunggu di airport , menunggu di  ruang tunggu rumah sakit  dan lain sebagainya. Kita bisa menjadikan kegiatan sehari hari kita  menyatu dengan kegiatan berdzikir mengingat Allah.

Aktivitas berdzikir didalam  hati ini merupakan kegiatan atau amalan batin yang tidak bisa dilihat dan disaksikan orang banyak. Mamun Allah mengetahui dan menyaksikan semua ini sebagaimana firman Allah didalam surat Al Mulk ayat 13
 
Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati. (Al Mulk 13 )

Bacaan dzikir didalam hati

Bacaan dzikir didalam hati merupakan bacaan dengan kalimat pendek seperti tahlil la ilaha illallah, tahmid Alhamdulillah, takbir Allahu akbar, Hasballah..hasbiayallahu wanikmal wakiil.
Bisa juga dengan membaca asmaulhusna seperti ya Allah ya Hayyu, Ya Allah ya Qoyyum, ya Allah ya Jabbar dan seterusnya. 

Beberap kalimat dzikir yang bisa dibaca didalam hati sebanyak banyaknya antara lain :

Laa ilaaha illallah (Tidak ada Tuhan selain Allah)

Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)

Allahu akbar (Maha besar Allah)

Subahanallah (Maha suci Allah)

Astaghfirullah (Aku mohon ampun pada Allah)

Laa hawla wala kuwwata illa billah (tidak ada daya kekuatanku melainkan dengan kekuatan   Allah)

Hasbiyallahu wanikmal wakil, nikmal mawla wa nikman nashir  ( Cukuplah Allah sebagai pelindung, Dialah sebaik baik pemimpin dan sebaik baik penolong)

Ya Allah ya Hayyu  (Ya Allah yang maha Hidup )

Ya Allah ya Qoyyum (Ya Allah yang berdiri sendiri)

Ya Allah ya Jabbar (Ya Allah yang maha berkendak)

Ya Allah ya Malik (Ya Allah Raja yang berkuasa)

Ya Allah ya Karim (Ya Allah yang maha Mulia )

Dan bisa dilanjutkan dengan asmaulhusna lainnya yang berjumlah 99. 

Semua kalimat tersebut dibaca didalam hati sebanyak yang bisa dilakukan , tidak perlu dihitung sekian dan sekiannya. 

Insya Allah selama kita berdzikir menyebut nama Allah didalam hati , Allahpun akan mengingat dan memperhatikan kita lebih dari apa yang kita lakukan sebagaimana yang disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 152 

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Al Baqarah 152)

Dalam Hadis yang diriwayatkan oleh  Abu Hurairah ra.,  Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari. (Shahih Muslim No.4832)

Insya Allah mereka yang selalu ingat pada Allah setiap saat didalam hatinya akan diberi kemudahan oleh Allah dalam menghadapi berbagai masalah didunia ini.  

Dzikir (didalam hati) ketika berjalan

Kita juga bisa melakukan kegiatan dzikir didalam hati ketika sedang berjalan kaki  . Ketika sedang berjalan dan melangkahkan kaki  bacalah kalimat laa ilaaha illallah didalam hati. Jadikan ritme bacaan tahlil itu sebagai komando bagi langkah anda. Bacaan tahlil itu bisa juga anda ganti dengan kalimat ya hayyu, ya qoyyum……ya Rahman ya rahim….ya aziz ya jabbar…langkahkan kaki anda mengikuti irama bacaan dzikir tersebut. Bacaan dzikir dilakukan didalam hati bukan dengan lisan atau bisikan. 

Dzikir (didalam hati) ketika berolah raga

Bacaan dzikir seperti diatas bisa juga dijadikan komando untuk gerakan senam, angkat beban , senam pernapasan, dan berbagai gerakan olah raga lainnya.,  Gerakan senam dan olahraga akan menguatkan fisik dan jasmani. Kalimat dzikir yang diucapkan didalam hati akan menguatkan dan membersihkan jiwa. Kita akan mendapatkan dua manfaat sekali gus dengan cara ini, gerakan olah raga menguatkan tubuh dan dzikir didalam hati akan menguatkan jiwa. 

Dzikir (didalam hati) ketika mengemudi

Mengemudi mobil di kota Besar seperti Jakarta akan  banyak menyebabkan waktu terbuang percuma . Macet dijalan bisa menghabiskan waktu berjam jam. Untuk keperluan rapat selama  satu atau dua jam bisa menghabiskan waktu antara  3 sampai  6 jam dijalan.  Untuk mengisi waktu yang terbuang ketika mengemudi atau naik kendaraan banya orang yang mengisinya dengan mendengarkan musik atau bualan di radio.
 
Isilah waktu yang terbuang itu dengan berdzikir didalam hati, sehinga tidak ada waktu yang terbuang percuma. Selama berdzikir itu Allah selalu menemani anda  Dia akan memberikan hidayah dan bimbingan pada anda selama anda berdzikir. Insya Allah usaha bisnis yang anda tuju dengan berkendaraan itu akan mendapat kemudahan dari Allah. 

Dzikir didalam hati ini bisa anda gunakan untuk mengisi waktu luang dimanapun anda berada, ketika menunggu obat di apotik, menunggu di bandara, naik pesawat terbang , mengikuti rapat atau metting yang kadangkala membosankan dan lain sebagainya. 

Dzikir didalam hati dengan ayat Qur’an

Kalimat dzikir diatas bisa juga anda ganti dengan membaca ayat ayat pendek dari Al- Qur’an didalam hati , seperti

Surat Al Hasyr ayat 22 , 23 atau 24

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al Hasyr 22)

Surat Yasin 83. Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

Dan banyak lagi ayat pendek  yang bisa anda dapatkan dari Al Qur’an

Silahkan anda mulai berdzikir didalam hati setiap saat dimanapun anda berada,dan rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.  Allah menjamin orang yang selalu berdzikir hatinya akan menjadi tenang dan nyaman sebagaimana disebutkan dalam surat Ar Ra’d ayat 28
Ar Ra’d ayat 28 . (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram  ( Ar Ra’d 28)

Insya Allah dengan selalu berdzikir didalam hati kita tidak dimasukan Allah kedalam kelompok orang yang lalai sebagaimana disebutkan dalam surat al A’raaf 205 diatas. 

Manfaat nyata dari Dzikrullah:

Selalu ingat dan menyebut nama Allah setiap saat dan sepanjang waktu didalam hati  dikala berdiri, duduk dan berbaring merupakan gambaran nyata dari keimanan ,ketakwaan dan rasa tawakkal seseorang. Allah akan memperlihatkan menfaat dan efek nyata dari amalan dzikrullah seseorang dalam kehidupannya sehari hari hari dan diakhirat kelak antara lain:
  1. Mendapat ketenangan hati dan bebas dari perasaan jengkel,kecewa, sedih, duka, dendam dan stress berkepanjangan ( Ar Raad 28)
  2. Dikeluarkan Allah dari kegelapan (hidup yang penuh kesukaran, kesempitan,kepanikan, kekalutan ,kehinaaan dan serba kekurangan ) kepada cahaya yang terang benderang ( hidup bahagia,nyaman, aman, mulia, sejahtera dan berkecukupan). (Al Ahzab 43)
  3. Terpelihara dan terhindar dari melakukan perbuatan keji dan mungkar (Al Ankabut 45)
  4. Terpelihara dari kelicikan dari tipu daya syetan yang menyesatkan (An Nahl 99)
  5. Selalu mendapat jalan keluar dari berbagai kesulitan yang datang menghadang dan mendapat rezeki dari tempat yang tidak pernah diduga, serta selalu dicukupkan semua kebutuhan hidupnya ( At Thalaq 2-3)
  6. Dibukakan baginya pintu kemenangan, diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang, ditambahkan baginya berbagai kenikmatan hidup, ditunjuki jalan yang lurus , dan diberi pertolongan dengan kekuatan yang dahsyat. ( Al Fath 1-3)
  7. Selalu mendapat perhatian istimewa dari Allah dimanapun ia berada , selama ia ingat pada-Nya (Al Baqarah 152)
  8. Terhindar dari beban hidup yang berat dan tidak sanggup dipikul serta terhindar dari siksa dan azab yang melampaui batas ( Al Baqarah 286)
  9. Diampuni segala dosanya, dihapuskan segala kesalahannya dan diwafatkan bersama orang yang berbuat kebaikan ( husnul khotimah) (Ali Imran 193)
  10. Mendapat kehidupan yang baik sampai datang ajal yang telah ditetapkan (Hud 3, An-Nahl 97)
  11. Dibalasi dan dilipat gandakan amal kebaikannya dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan ( An Nahl 96-97)
  12. Selalu disertai Allah dimanapun mereka berada (Al Baqarah 153, Al Hadit 4)
  13. Mendapat pertolongan dari ribuan tentara malaikat dalam menghadapi berbagai hal dan masalah didunia maupun akhirat ( Ali imran 124-125, Fushilat 30-31)
  14. Dimudahkan semua urusannya dan diberi bimbingan menempuh jalan yang mudah (Al Lail 7, Al A’la 8 )
  15. Dibukakan baginya keberkahan dan pintu rahmat dari langit dan bumi (Al A’raaf 96)
  16. Diwafatkan dalam keadaan baik dan disambut oleh para malaikat dengan salam penghormatan ( An Nahl 32, Ar Raad 23-24, Al Ahzab 44 )
  17. Mendapat kehidupan yang baik selama masa menanti dialam barzakh ( Ali Imran 169)
  18. Memiliki wajah yang putih berseri dihari berbangkit ( Ali Imran 106-107)
  19. Memiliki wajah dan tubuh yang bercahaya terang dihari berbangkit ( Al Hadit 12-13 dan At Tahrim 8 )
  20. Menerima buku catatan amal dari sebelah kanan dan dimudahkan saat dihisab dan ditimbang semua amalnya (Al Haqqah 19-21 )
  21. Memiliki timbangan kebaikan yang lebih banyak dan berat (Al Qori’ah 6-7,Al A’raaf 8 )
  22. Diselamatkan Allah dari ganas dan panasnya api neraka (Maryam 72-73, Al Lail 17)
  23. Dimasukan kedalam taman syurga dan hidup kekal selamanya disana (Az zumar 73)
Betapa banyak manfaat yang didapat dari mengingat Allah sebagai mana disebutkan diatas , namun sayang…. sedikit sekali orang yang mau dan tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut. Mudah mudahan setelah membaca berbagai keterangan diatas anda akan tertarik untuk melaksanakan ibadah dzikir mengingat Allah didalam hati sepanjang waktu dikala berdiri, duduk dan berbaring.

Sumber : http://www.fadhilza.com/2014/02/kekuatan-dzikir-dan-doa/aktivitas-berdzikir-di-dalam-hati.html 
 

Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory