Jangan lewatkan

Hilangnya Berkah Jual Beli

PENYEBAB HILANGNYA KEBERKAHAN TRANSAKSI atau JUAL BELI

Banyak orang tanpa disadari perbuatan yang ia lakukan telah menghalangi keberkahan dalam hidupnya karena godaan dari setan sehingga apa yang ia lakukan tidak memberikan manfaat dalam hidupnya, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

orang yang paling berat disiksa pada hari kiamat ialah orang yang dipandang ada kebaikannya padahal sebenarnya tidak ada kebaikannya sama sekali.”
(HR Ad-Dailami)

Berikut hal hal yang dapat menghalangi keberkahan seseorang :

1.           Berbuat maksiat dan dosa
Sebetulnya manusia menyadari berbuat maksiat dan dosa dapat menghalangi keberkahan pada hidupnya. Hanya saja kita sering tidak berdaya dengan rayuan setan.  Sehingga , menganggap dosa dan maksiat yang kita kerjakan adalah hal yang sudah maklum bagi kehidupan manusia.
Ingatlah Allah tidak akan mengazab suatu negeri jika penduduknya beriman. Dan Allah akan menurunkan keberkahan ke Suatu negeri jika penduduknya itu bertaqwa. Allah berfirman :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن كَذَّبُوا۟ فَأَخَذْنَٰهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.
(QS: Al-A'raf Ayat: 96)

2.           Bersumpah, berbohong dan menipu
Selanjutnya hal-hal yang menghalangi keberkahan adalah banyak bersumpah ketika melakukan jual beli.  Nabi pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Abu hurairah bahwa ia mendengar nabi berkata “Sumpah itu melariskan dagangan jual beli, namun menghilangkan keberkahan”. (HR Bukhari dan Muslim)

Begitu juga jika jual beli dilakukan atas dasar saling menipu dan berbohong.  Allah pasti akan mencabut keberkahan di dalamnya.  Nabi bersabda “ Orang yang bertransaksi jual beli masing-masing memiliki hak khiyar (membatalkan dan melanjutkan transaksi) selama keduanya belum berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya  berdusta dan tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3.           Tidak diawali dengan Bismillah
Nabi pernah bersabda bahwa segala sesuatu yang tidak diawali dengan bismillah akan tertolak.  Umar bin Abi Salamah pernah mendengar Nabi bersabda  
“ jika seseorang masuk ke dalam rumahnya, kemudian dia menyebut nama Allah saat masuk dan hendak makan, berkatalah setan ‘tidak ada tempat menginap untuk kalian (bangsa setan) maupun makan malam’.  Jika seseorang masuk ke dalam rumah tanpa menyebut nama Allah saat masuk kedalamnya ‘ kalian mendapat tempat menginap’.  Dan jika seseorang tidak menyebut nama Allah saat menyantap makanan setan berkata ‘ kalian mendapat tempat menginap dan makan malam”. (HR. Muslim)  
  
4.           Menafkahkan dan menyedekahkan harta yang buruk
An-Nasai meriwayatkan dalam As Sunan dari Wa’il bin Hujr dia berkata” Sesungguhnya Nabi mengutus seorang petugas mengambil zakat, lalu ia mendatangi seseorang dan orang itu memberikan seekor anak unta sapihan yang kurus, maka nabi bersabda ‘kami telah mengutus seorang petugas mengambil zakat utusan Allah dan Rasulnya, dan sungguh si fulan telah memberikan seekor anak unta sapihan yang kurus’.  “Ya Allah janganlah Engkau berikan kerkah kepadanya dan jangan pula kepada untanya’.  Lalu berita itu sampai kepada orang tersebut maka ia datang dengan membawa unta yang  baik seraya berkata ‘ saya bertaubat kepada Allah dan kepada Nabi-Nya’.  Maka Nabi berkata ‘ Ya Allah berikanlah berkah kepadanya dan kepadaq untanya’.  (HR An-Nasai)

5.           Menjual harta tidak bergerak
Dari Said bin Huraits dia berkata “ Saya mendengar Nabi bersabda ‘ Barang siapa menjual rumah atau harta tidak bergerak lainya.  Kemudian ia tidak menggunakan harganya untuk membeli yang semisalnya, maka sudah sepantasnya, ia tidak mendapat keberkahan padanya’.” (HR Ahmad)

6.           Memakan barang haram dengan berbagai bentuk dan caranya
Diantara barang haram yang paling besar adalah riba. Ia sama sekali tidk mempunyai keberkahan maupun kebaikan. 


Allah berfirman :

يَمْحَقُ ٱللَّهُ ٱلرِّبَوٰا۟ وَيُرْبِى ٱلصَّدَقَٰتِ ۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.
(QS: Al-Baqarah Ayat: 276)

7.           Menolak mengeluarkan zakat
Dalam suatau riwayat Abdullah bin Ummar pernah mendengar Nabi bersabda “ Wahai kaum muslimin !  Ada lima perkara yang akan ditimpakan kepada kalian.  Tetapi aku memohon perlindungan kepada Allah, jangan sampai kalian tertimpa olehnya.  “ Kemudian beliau menyebut diantaranya “ Dan tidaklah mereka menolak dikeluarkan zakat hartanya, kecuali hujan dari langit akan dihentikan dari mereka.  Andaikan bukan karena binatang ternak mereka, tidak akan diberi hujan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

8.           Tidak puas terhadap rezeki yang diberikan
Dalam riwayat Ahad bin Sulaim pernah melihat Nabi berkata “ Sesungguhnya Allah Yang  Maha Agungdan Maha Tinggi menguji hamba dengan pemberian yang diberikan kepadanya.  Barang siapa ridha terhadap pemberian Allah. Maka, Allah akan memberkahio pemberian itu dan
melapangkannya.  Tetapi, barang siapa tidak ridha, maka Allah tidak akan memberkahinya pada pemberian itu”. (HR Ahmad)

Demikian beberapa hal yang menyebabkan berkah terhalang dalam hidup kita. 
Waspadalah selalu terhadap tipu daya setan.  Ingatlah Allah dimana saja anda berada, bersyukurlah dengan segala nikmat yang diberi.  Insya Allah kita akan mendapatkan berkah dari Allah.  Amin.....
 

Tanggal dan Hari ini

Delicious Save this on Delicious
Find out the Warren Buffett's stock holdings This site is listed under Marketing and Advertising Directory